Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELIMPO

MILA, AFRIANA ANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELIMPO. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (482kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB)

Abstract

Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter dalam materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. 2) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. 3) Peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Designs. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jelimpo. Sampel dalam penelitian ini yaitu 15 siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan alat pengukuran data dalam penelitian ini adalah tes uraian dan bentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan umum bahwa penerepan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo
diuraikan sebagai berikut: 1) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo di peroleh nilai rata-rata sebesar 49,33 dalamkriteria cukup. 2) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo
diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,6 dalam kriteria baik. 3) Peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Jelimpo diperoleh nilain gain score sebesar 7,79 yang tergolong dalam kriteria baik.

Kata kunci: Model Problem Posing, Karakter, Kemampuan Masalah, Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:17
Last Modified: 30 Aug 2023 08:17
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item
View Item