Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOH

FARIKHAH, UMI (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini berisi uraian tentang hasil yang akan dicapai oleh peneliti ini adalah untuk mendapatkan informasi pembelajaran sejarah dengan Menggunakan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh: (1) Perencanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Manggunakan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh; (3) Kendala yang di hadapi guru dalam Pembelajaran Sejarah Menggunakan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan bentuk yang digunakan adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru Mata Pelajaran Sejarah,Waka Kurikulum dan Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Paloh. Teknik analisis data dalam penelitian adalah teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh di terapkan belum cukup baik . Berdasarkan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran sejarah menggunakan daring, guru sudah memahami silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun dari guru sejarah SMA Negeri 1 Paloh sudah membuat RPP akan tetapi metode yang diterapkan masih seperti pembelajaran secara tatap muka bukan menggunakan metode pembelajaran secara daring, seharusnya guru sudah menyiapkan RPP dengan bentuk pembelajaran secara online/daring; (2) Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paloh sudah berjalan dengan cukup baik. Sistem daring yang dilaksanakan oleh guru sejarah, hal ini dapat dilihat dengan pemberian tugas dan pengumpulan tugas secara online dengan adanya sistem daring ini lebih memudahkan guru untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa; (3) Kendala yang di hadapi guru sejarah saat menggunakan Sistem daring yaitu dengan sulitnya kesadaran siswa untuk menggumpulkan tugas yang di berikan guru, padahal guru sudah memberikan keringanan dalam pengumpulan tugas agar lebih mempermudah siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:17
Last Modified: 30 Aug 2023 08:17
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item
View Item