Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SUNGAI KAKAP

CAHYANITA, SYELFIYA (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (359kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan video pembelajaran bermuatan karakter pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 10 Sungai Kakap yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementatiton (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 25 siswa dan 4 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan respon siswa, serta soal tes. Hasil penelitian validasi video pembelajaran bermuatan karakter yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 88,89% dalam
kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 85,90% dalam kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 85,50%, dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan uji coba soal siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dari 25
orang dengan persentase 72,00%, dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 75,00% dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kategori Tuntas dan tergolong kriteria Efektif.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Karakter, Statistika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:39
Last Modified: 15 Aug 2023 08:39
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item
View Item