Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIFE TIPE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS

EDI, SETIAWAN (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIFE TIPE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI.

[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.PDF - Accepted Version

Download (472kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version

Download (304kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.PDF - Accepted Version

Download (272kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.PDF - Accepted Version

Download (414kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (369kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa
melalui metode kooperatife tipe snowball drilling pada mata pelajaran sejarah di
kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat Kabupaten Sambas”. Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentang
upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode kooperatife tipe
snowball drilling pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Teluk
Keramat Kabupaten Sambas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan subjek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat yang
berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus
dalam penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi/ pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball drilling
dapat meningkatkan keaktifan belajar Sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 2
Teluk keramat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata
persentase keaktifan belajar siswa pada tiap siklusnya. (1) Pelaksanaan
pembelajaran snowball drilling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk
keramat Kabupaten Sambas telah berjalan efektif. Dari hasil observasi aktifitas
guru dalam pembelajaran tergolong kurang dengan perolehan skor 57 atau 68%
dari aspek keseluruhan dengan skor ideal 84 pada siklus I sedangkan pada siklus
II terdapat peningkatan dengan skor 73 atau 86% dari skor ideal 84. Dari hasil
refleksi pada siklus I sudah dapat teratasi dengan baik guru sudah dapat
membimbing siswa dalam belajar aktif mencari jawaban. (2) Hasil belajar siswa
pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai indikator keberhasilan ≥70%
sebanyak 19 dari 34 siswa atau tuntas belajar klasikal mencapai 55% dengan nilai
rata-rata 64. Pada siklus II tuntas belajar klasikal mencapai 79% dengan nilai rata-rata 73. Ini berarti tingkat ketuntasan belajar klasikal siklus II mengalami peningkatan
sebesar 24% dari ketuntasan belajar klasikal siklus I. (3) Penerapan metode
pembelajaran snowball drilling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat
Kabupaten Sambas dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang di ukur melalui
tes dengan nilai rata-rata 64 pada Siklus I dan 73 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:39
Last Modified: 23 Aug 2016 03:55
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item