Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP LKIA PONTIANAK

MEGA, MEGA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP LKIA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau research dan development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Analysis merupakan tahap pertama dalam pengembangan yang berupa analisis kebutuhan pengguna, analisis kebutuhan konten dan analisis
materi dan tujuan. Tahap kedua Design yang merupakan tahap perancangan menggunakan storyboard dari media yang dikembangkan. Development merupakan tahap pengembangan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dengan memanfaatkan aplikasi flipbook maker dan heyzine flipbooks pada tahap ini dilakukan pengujian oleh ahli media, ahli baha dan materi untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Implementation, pada tahap ini produk yang
sudah jadi di ujicobakan terhadap pengguna yang merupakan peserta didik kelas VII SMP LKIA Pontianak. Tahap evaluation merupakan tahap evaluasi yang dilakukan pada setiap tahapan yang telah disebutkan sebelumnya dan evaluasi menghitung kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil pengembangan e-modul berbasis flipbook maker dalam pembelajaran kearifan lokal bahwa media yang digunakan dapat diterapkan di SMP LKIA Pontianak dengan hasil akhir dari sembilan validator yaitu validasi dari tiga ahli media dengan nilai 92,44% kategori Sangat Valid, validasi dari tiga ahli bahasa dengan nilai 96% kategori Sangat Valid, dan validasi dari tiga ahli materi dengan nilai 91,11% kategori Sangat Valid dari nilai tersebut dapat
diperoleh total persentase keseluruhan dari sembilan validator yaitu 92,83% dengan kategori Sangat Valid hal ini untuk menjawab rumusan masalah yang pertama. Untuk menjawab rumusan masalah yang kedua mengetahui kepraktisan dihitung dari angket respon peserta didik dan guru mendapatkan nilai 96,55% dengan kategori Sangat Praktis dihitung dari banyak angket yang diberikan kepada peserta didik dan guru, hal ini artinya media yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran kearifan lokal.
Hasil dalam penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas maupun di luar kelas dengan media yang menarik dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik termotivasi dalam meningkatkan hasil belajar dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca maupun peneliti. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan dan referensi tambahan dalam mengembangkan media pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:49
Last Modified: 11 Aug 2023 05:49
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item
View Item