Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII SMP PESANTREN ASSALAM PONTIANAK

SURYANI, TITIN (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII SMP PESANTREN ASSALAM PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (335kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (404kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD). Model yang digunakan adalah pendekatan atau pengembangan model 3-D yaitu singkatan dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development
(pengembangan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi menggunakan data. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pesantren Assalam Pontianak berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah wawancara, Teknik komunikasi tidak langsung, serta Teknik pengukuran. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini berupa lembar tes hasil belajar, lembar validasi, dan angket respon. Modul ajar berbasis diferensiasi memiliki tingkat kevalidan media dan materi masing – masing 90,26 % dan 83,58 % dengan kategori “sangat valid”. Dari angket yang diisi oleh guru dan siswa, didapat nilai kepraktisan angket respon guru dan siswa masing – masing 100 % dan 90,5 % dengan kategor “sangat praktis”. Keefektivan modul dilihat dari hasil belajar siswa dengan
menggunakan uji t dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa thitung (2,2202649) > ttabel (2,0930241) yang artinya Ha diterima dimana hasil belajar setelah diberikan pembelajaran dengan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi melebihi nilai KKM yaitu 73.

Kata Kunci: Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Menggunakan Data

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:47
Last Modified: 20 Jul 2023 05:47
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item
View Item