Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUK BATANG

ARIANTO, YUDA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUK BATANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (364kB)
[thumbnail of BAB 3 .pdf] Text
BAB 3 .pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (7kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (69kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemapuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaboratif yang diterapkan dengan model Project Based Learning dibandingkan dengan metode konvensional. alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini diambil dengan mengunakan tehnik sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Teluk Batang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model Project Based Learning dibandingkan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) nilai rata-rata soal post test kemampuan pemecahan masalah dengan pada penerapan model Project Based Learning (PjBL) di kelas eksperimen yaitu 78, sedangkan nilai rata-rata nilai soal post test kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model konvensional di kelas kontrol yaitu 68. 2) nilai rata-rata nilai angket kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) di kelas eksperimen yaitu 77%, sedangkan nilai angket kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model konvensional di kelas kontrol yaitu 63%.
Hasil uji t menunjukan terdapat perbedaan signifikan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaboratif pada materi sistem pernapasan manusia.

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Pemecahan Masalah Dan Kolaboratif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:19
Last Modified: 26 Jun 2023 08:19
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item