Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA SMA MUJAHIDIN PONTIANAK

ZULKARNAIN, ZULKARNAIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA SMA MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (518kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (658kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (799kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Mujahidin Pontianak. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran RICOSRE; (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Konvensional; (3) Untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Posttest Only Control
Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPA SMA Mujahidin Pontianak yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumentasi dan teknik
pengukuran. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif, statistik inferensial, statistik parametric dan effect size. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran RICOSRE yaitu rata�rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan tergolong kritis dengan nilai persentase 64,47 %. (2) Kemampuan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Konvensional yaitu rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan tergolong cukup dengan nilai persentase 36,61 %. (3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol yang menggukan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model RICOSRE,dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 May 2023 08:35
Last Modified: 11 May 2023 08:35
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item
View Item