Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN SENAPORAN DAN SELIMBAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII MTS NEGERI 2 SAMBAS

ELI, JUWITA (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN SENAPORAN DAN SELIMBAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII MTS NEGERI 2 SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (366kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (RnD). Rancangan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis, lembar validasi, dan angket respon guru. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 2 Sambas yang berjumlah 28 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis Etnomatematika dalam Permainan Senaporan dan Selimban terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Peluang di Kelas VIII MTs Negeri 2 Sambas yang dilihat
dari tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Hasil dari rata-rata persentase validasi yang diperoleh adalah 94,44% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil dari angket respon guru memproleh persentase nilai sebesar 96,47% dengan
kriteria sangat praktis, maka LKPD yang dikembangkan telah dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dengan sedikit di revisi. Ketuntasan belajar klasikal dapat tercapai jika memenuhi 75% dengan nilai peserta didik harus lebih besar atau sama dengan 75. Hasil dari tes peserta didik memperoleh persentase nilai 85,72% dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Kata kunci: LKPD, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:42
Last Modified: 13 Apr 2023 08:42
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item
View Item