Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEBANGKI

KORNELIA, RAMAYANA (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEBANGKI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI KORNELIA RAMAYANA (211810087).pdf] Text
SKRIPSI KORNELIA RAMAYANA (211810087).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif. Dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 23 siswa. tempat penelitian di SMPN 2 Sebangki Kecamatan Sebangki, Dusun Senunuk, Desa Agak. Dalam penelitian ini hanya mengambil
tiga kelompok peserta didik kelompok tinggi, sedang dan rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Alat pengumpul data
yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, angket, dan wawancara. Berdasarkan perhitungan angket didapatkan hasil kelompok tinggi dengan Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahaan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Motivasi Belajar kriteria X ≥ 77,49 yaitu ada 2 siswa, kelompok sedang dengan
kriteria 67,29 ≤ X < 77,49 yaitu ada 16 siswa, dan kelompok rendah dengan kriteria X < 67,29 yaitu ada 5 siswa. Sedangkan pada perhitungan hasil tes, kelompok tinggi dengan kriteria X ≥ 11,64 yaitu ada 9 siswa, kelompok sedang
dengan kriteria 9,56 ≤ X < 11,64 yaitu ada 5 siswa, dan kelompok rendah dengan kriteria X < 9,56 yaitu ada 9 siswa. berdasarkan hasil wawancara, responden siswa yang memiliki proses berpikir kritis siswa motivasi tingkat tinggi lebih baik dalam menyelesaikan soal dibandingkan siswa yang memiliki proses berpikir kritis motivasi tingkat sedang dan rendah.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Motivasi Belajar, SPLDV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:55
Last Modified: 03 Apr 2023 07:55
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item
View Item