Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DI MAN 1 PONTIANAK

RISKA, RISKA (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DI MAN 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (223kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pembelajaran Sejarah dalam
Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Siswa Kelas XI di MAN 1 Pontianak”. Dengan sub masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru sejarah di MAN 1 Pontianak? 2). Bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran karakter dalam mata pelajaran sejarah di MAN 1 Pontianak? 3). Apa saja kendala yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa kelas Xl MAN 1 Pontianak? Secara khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1).
Mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru sejarah di MAN 1 Pontianak. 2). Mendeskripikan respon siswa terhadap pembelajaran karakter dalam mata pelajaran sejarah di MAN 1 Pontianak 3).
Mendeskripsikan kendala apa saja yang dialami oleh guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa kelas Xl MAN 1.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif analisis. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejaran dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah a). Teknik observasi, b). Teknik wawancara, dan c). Teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data a). Lembar observasi, b). Lembar wawancara dan c). Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis literatif yaitu data Colletion, data Reduction, data Display, dan Verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah di MAN 1 Pontianak sudah melakukan tugasnya dengan baik. Yang
dimana dapat dilihat dari semua persiapan sebelum pembelajaran dimulai juga sudah disiapkan oleh guru agar pembelajaran yang diberikan bisa lebih efektif serta guru yang selalu membiasakan siswa untuk berdoa dan menjelaskan nilai�nilai karakter yang ingin dicapai sebelum memulai aktivitas, hal itu tentu bertujuan untuk membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, saling menghargai dan toleransi. 2). Respon siswa dapat menerima pembelajaran karakter dengan
baik walaupun tidak semua dapat menerimanya. 3). kendala yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa yaitu kurangnya kesadaran untuk berubah dari siswa itu sendiri, sebagai contoh siswa masih seringkali mengulangi kesalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:08
Last Modified: 29 Mar 2023 07:08
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item
View Item