Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMK NEGERI 1 SADANIANG PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

SINDI, PABIANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMK NEGERI 1 SADANIANG PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (249kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan model pembelajaran Quantum Learning, keterampilan siswa saat menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dan peningkatan keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis percetakan melalui model pembelajaran Quantum Learning kelas Xl MM SMK Negeri 1 Sadaniang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan proses penelitian (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning, (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I.
Sedangkan indikator menunjukan adanya peningkatan keterampilan belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MM SMK Negeri 1 Sadaniang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 52% siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sangat baik, sedangkan pada siklus II terdapat 83% siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sangat baik, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Pada siklus I terdapat 52% siswa yang lulus KKM dengan rata-rata hasil belajar 68,59, dan pada pada siklus II terdapat 87%
siswa yang lulus KKM dengan rata-rata hasil belajar 75,50. Dan Keterampilan siswa pada mata pelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan tahapan TANDUR. Keterampilan siswa meningkat karena kegiatan praktikum yang berulang, serta model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa
dalam belajar. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK Negeri 1 Sadaniang dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Belajar, Quantum Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:56
Last Modified: 27 Mar 2023 07:56
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item
View Item