Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HULU GURUNG PADA MATERI PENGENALAN TIK

ABDUL, MOKHLIS (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HULU GURUNG PADA MATERI PENGENALAN TIK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (404kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (564kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Hulu Gurung sebelum dan setelah menggunakan media video pembelajaran lebih baik dari pada sebelum menggunakan media video pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian Pre�eksperimen. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak dan teknik pengukuran sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpul data pada penelitian ini adalah angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung tahun ajaran 2022/2023 Teknik analisis data pada penelitian ini analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang diketahui setelah melakukan penelitian ini adalah minat belajar sebelum menggunakan media video pembelajaran pada materi pengenalan TIK sebesar 51,67 dan setelah menggunakan video pembelajaran sebesar 64,00 sehingga terdapat peningkatan
sebesar 12,33 dengan nilai N-Gain 0,43 tergolong sedang. Hasil belajar sebelum menggunakan media video pembelajaran pada materi pengenalan TIK sebesar 43,54 dan setelah menggunakan video pembelajaran sebesar 86,46 sehingga
terdapat peningkatan sebesar 42,92. Oleh karena hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran lebih baik dengan Nilai N-Gain 0,72 dikategorikan tinggi. Diketahui minat dan hasil belajar setelah uji Paired T-Test
diketahui nilai signifikansi minat belajar pretest adalah 0,526. Nilai signifikansi minat belajar posttest adalah 0,637. Nilai signifikansi hasil belajar pretest adalah
0.666. Nilai signifikansi hasil belajar posttest 0,106. Seluruh nilai signifikansi tersebut lebih besar dari taraf signifikan sebesar 0,05 atau data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal.

Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar SMP N 2 Hulu Gurung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:18
Last Modified: 21 Mar 2023 07:18
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item
View Item