Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 TUMBANG TITI

PAULINA, CINDI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 TUMBANG TITI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI SINDI.pdf] Text
SKRIPSI SINDI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tumbang Titi”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah : bagaimana gambaran media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan siswa” dan yang menjadi sub masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat pengaruh media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa?.
Berdasarkan penelitian yang ada maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, bentuk penelitian ini adalah studi kausal komparatif (causal comparative study) atau expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 112 siswa dan sampel penelitian sebanyak 92 siswa, teknik propotional Random sampling. Propotional bertujuan agar tiap kelas dapat terwakili secara proporsi dan dilakukan secara random yaitu pengumpulan sampel secara acak.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:Berdasarkan perhitungan dari analisis deskriptif variabel media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan cenderung berkategori rendah. 1) Media pembelajaran di peroleh kategori rendah dengan siswa sebanyak 36 siswa 39,13%. 2) gaya belajar di peroleh kategori rendah sebanyak 36 siswa 39,13%. 3) keaktifan di peroleh kategori rendah sebanyak 39 siswa 42,39%. Dari hasil persamaan regresi ganda di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka persamaan regresi ganda dapat memprediksi media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan terhadap hasil belajar sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel media pembelajaran, gaya belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama pada siswa jurusan TJKT di SMK Negeri 1 Tumbang Titi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:42
Last Modified: 20 Mar 2023 08:42
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item
View Item