Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK SANTA MARIA PONTIANAK

ANGGELINA, PARAMITA (2023) PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK SANTA MARIA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Pengalaman Prakerin Dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Santa Maria Pontianak” masalah umum dalam penelitian ini adalah: “bagaimana pengalaman prakerin, bimbingan karir dan kesiapan kerja siswa ” dan yang menjadi sub masalah dalam penelitian
ini adalah: (1) apakah terdapat pengaruh pengalaman prakerin dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa?
Berdasarkan penelitian yang ada maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh pengalaman prakerin dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, bentuk penelitian ini adalah studi kausal komparatif (causal comparative study) atau expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 siswa dan sampel penelitian sebanyak 50 siswa, teknik propotional random samling. Propotional bertujuan agar tiap kelas dapat terwakili secara proporsi dan dilakukan secara random yaitu
pengumpulan sampel secara acak.
Kesimpulan dari penelitian pengalaman prakerin, bimbingan karir dan kesiapan kerja Dari penelitian yang diuraikan penelitian pada table 4.4 di didapatkan bahwa variabel pengalaman magang/prakerin memiliki nilai persentasi
76% tergolong dalam kategori tinggi. Untuk variable bimbingan karir memiliki nilai persentasi 66% tergolong kategori sedang dan variable kesiapan kerja memiliki nilai persentasi 66% tergolong kategori sedang. Dari data variable diatas dapat disimpulkan pengalaman prakerin memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan bimbingan karir dan kesiapan kerja yang masih tergolong dalam kategori sedang.
Setelah dilakukan analisis regresi berganda, variabel pengalaman prakerin dan bimbingan karir secara bersama-sama mendapatkan nilai regresi sebesar 0,698 yang berarti berpengaruh terhadap kesiapan kerja sedangkan koefisien
determinasi sebesar 0,463. Koefisien determinasi atau sumbangan efektif variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja adalah sebesar 46.3%, artinya 53.7% kesiapan kerja dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor-faktor ini bersama-sama memiliki pengaruh yang menguntungkan pada kesiapan kerja.
Berdasarkan hasil analisis F hitung yang diperoleh sebesar 19,935 dengan taraf signifikansi 0,000 maka hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini terlihat dari tabel ANOVA di atas. Temuan persamaan regresi linier menggunakan koefisien regresi berganda dengan nilai konstanta (a) = -30,129 dan koefisien regresi (b1) = 0,628; Sig = 0,017; dan (b2) = 1,089; Sig = 0.000 adalah sebagai
berikut: Y = -30,129 + 0.628X1 + 1.089X2 + e.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item
View Item