Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FOTOSINTESIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN ARDUINO SCIENCE JOURNAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA KOPERASI PONTIANAK

EMILIA, ESTY DENITHA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FOTOSINTESIS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN ARDUINO SCIENCE JOURNAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA KOPERASI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 2.pdf] Text
SKRIPSI BAB 2.pdf - Published Version

Download (404kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 3.pdf] Text
SKRIPSI BAB 3.pdf - Published Version

Download (770kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 4.pdf] Text
SKRIPSI BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum fotosintesis berbasis STEM berbantuan Arduino Science Journal untuk meningkatkan KPS yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin Peck (needs assessment, design, development and implementation). Teknik pengumpulan data: komunikasi tidak langsung, pengukuran, dan observasi. Alat pengumpulan data
menggunakan lembar validasi ahli, angket, tes dan lembar observasi. Subjek penelitian: kelas XII IPA SMA Koperasi Pontianak. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, keefektifan menggunakan uji n�gain. Hasil penelitian: 1) Sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 90.70%, 2) Sangat praktis dengan persentase respon siswa 83.14% dan respon guru sebesar 97.77%. 3) Efektif dengan skor n-gain 0,77. Hasil observasi KPS siswa diperoleh: aspek mengamati 89.77%, memprediksi 81.82%, mengukur dan mengklasifikasikan
80.68%, mengkomunikasikan 87.50% dan menyimpulkan 85.23%. Kesimpulan: modul praktikum fotosintesis berbasis STEM berbantuan Arduino Science Journal tergolong valid, praktis, efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan
dapat meningkatkan KPS siswa.

Kata Kunci: Pengembangan Modul Praktikum, Fotosintesis, STEM, Arduino Science Journal, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:06
Last Modified: 01 Feb 2023 05:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item
View Item