Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK MANDIRI PONTIANAK

NADILA, PUTRI (2023) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK MANDIRI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X Di SMK Mandiri Pontianak”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran yaitu aplikasi Google Classroom pada pembelajaran sejarah di kelas X Multimedia SMK Mandiri Pontanak. Pada masa pandemi Covid-19, SMK Mandiri Pontianak mulai menerapkan pembelajaran online atau dalam jaringan dan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran tersebut membuat guru harus menggunakan media
pembelajaran yang berbasis internet yang dapat menghubungkan interaksi antara guru dan siswa, salah satunya Google Classroom. Google Classroom merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran berbasis internet. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus, dengan sumber data berasal dari informan dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi,
dengan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara dan panduan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif dan menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Google Classroom dapat digunakan sebagai media pembelajaran, seperti membuat dan mengundang siswa ke dalam kelas virtual, mengelola kelas, memaparkan materi, dan kegiatan penugasan. Adapun kelebihan menggunakan Google Classroom dalam kegiatan
pembelajaran adalah, Google Classroom mudah digunakan, terintegrasi dengan berbagai layanan Google, dapat diakses kapan dan dimana saja, dapat diakses lewat beberapa perangkat elektronik, proses komunikasi atau interaksi dapat
dilakukan tanpa harus bertemu langsung secara fisik, efisien dalam penggunaan waktu, dapat diakses lewat berbagai jenis smartphone, pengelolaan tugas lebih mudah, dan efisien dalam penggunaan kertas. Sementara itu kendala penggunaan Google Classroom adalah pertama, tidak ada sinyal dan data internet bagi beberapa siswa untuk mengakses Google Classroom, karena untuk mengakses Google Classroom perangkat elektronik harus tersambung dengan jaringan internet; kedua, siswa kurang memahami isi materi karena sistem komunikasi atau interaksi yang dilakukan hanya bersifat non verbal. Ketiga terkendala karena penyimpanan handphone yang sudah penuh karena kapasitas penyimpanan handphone yang terbatass.
Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan penelitian ini, maka peneliti dapat mengajukan saran-saran sebagai berikut: guru sebagai pengajar harus mempersiapkan penggunaan aplikas Google Classroom seperti perangkat yang mendukung dan memadai dalam menjalankan aplikasi tersebut. Siswa sebagai
peserta didik harus aktif dalam berinteraksi dengan guru dan aktif mencari informasi dari sumber lain agar mendapatkan informasi yang lebih banyak, siswa juga harus mampu memanfaatkan data internet yang ada dengan sebaik-baiknya
agar terus dapat mengakses Google Classroom. Sekolah juga dapat membantu memfasilitasi kegiatan belajar siswa melalui penyediaan jaringan internet maupun data internet.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Google Classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:27
Last Modified: 31 Jan 2023 08:27
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item
View Item