Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NANGA EMPANGAU KABUPATEN KAPUAS HULU

BRAM, SUSANTO (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NANGA EMPANGAU KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Peningkatan
Keterampilan Lempar Cakram Dengan Menggunakan Modifikasi alat Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Empangau Kabupaten Kapuas Hulu?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan lempar cakram dengan menggunakan modifikasi alat pada siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nanga Empangau Kabupaten Kapuas Hulu”.
Variabel yang terdapat dalam penelitian adalah variabel masalah dan variabel tindakan,variabel masalahnya adalah keterampilan lempar cakram, sedangkan variabel tindakannya adalah modifikasi alat
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi,
refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang,yaitu putra 20 orang dan putri 12 orang. Dari data perbandingan siklus terlihat bahwa terjadi kenaikan nilai pada setiap siklusnya terlihat pada prasiklus ketuntasan siswa hanya mencapai 5 siswa atau sebesar (15,62%), kemudian pada siklus 1 terjadi kenaikan yang cukup signifikan namun belum memenuhi target capaian yaitu sebanyak 16 siswa atau sebesar (50%), dan pada siklus kedua terjadi peningkatan ketuntasan menjadi
84,37 %. Peningkatan ketuntasan pada siklus kedua dirasa cukup karena sudah melebihi dari target capaian yaitu 75 %
Kesimpulan dari penelitian ini Penerapan pembelajaran dengan modifikasi yang dilakukan guru dapat membuat siswa meningkatkan respon siswa karena dengan modifikasi alat siswa dapat melakukan latihan teknik dasar lempar cakram sendiri tanpa paksaan, dengan demikian dapat meningkatkan keterampilan lempar cakram siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:23
Last Modified: 21 Dec 2022 06:23
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item
View Item