Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MANIAMAS NGABANG

ANDRIANATA, DESI (2022) PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MANIAMAS NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (231kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of 05. DAFTAR PUSTAKA (2.2).pdf] Text
05. DAFTAR PUSTAKA (2.2).pdf - Published Version

Download (215kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Film Pendek Untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Maniamas Ngabang” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas dengan rancangan yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI di SMA Maniamas Ngabang yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumentasi. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik deskriptif komparatif (statistik deskriptif komparatif) dan teknik analisis kritis.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan media film pendek pada keterampilan menulis cerpen di kelas XI SMA Maniamas Ngabang mengalami peningkatan; 2) Aktivitas siswa dengan penerapan media film pendek sebagian besar mengalami
peningkatan pada siklus II yang termasuk kategori sangat tinggi terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari dan partisipasi selama proses pembelajaran berlangsung; 3) Penggunaan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa Kelas XI SMA Maniamas Ngabang dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis cerpen pada dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis cerpen yang telah dilakukan, terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen setelah diterapkan media film pendek di kelas XI SMA Maniamas Ngabang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:22
Last Modified: 16 Dec 2022 07:22
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item
View Item