Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 PONTIANAK

ERZSA, MAULIDYA FATHAYA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (286kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (705kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB)
[thumbnail of BAB  IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ” Peningkatan Kemampuan Smash Bola Voli Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak” Bola voli merupakan salah satu cabang olaraga permainan yang termasuk dalam materi pokok pendidikan jasmani olahraga dan keshatan. Banyak manfaat yang diperoleh
dengan bermain bola voli yang diantaranya adalah dapat membentuk sikap tubuh yang baik meliputi anatomis, fisiologis, kesehatan dan kemampuan jasmani. Manfaatnya bagi rohani yaitu kejiwaan, kepribadian dan karakter akan tumbuh kearah yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya peningkatan kemampuan smash dalam permainan bola voli melalui metode Drill pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara empiris tentang upaya peningkatan kemampuan smash dalam permainan bola voli melalui metode Drill pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel masalah adalah hasil
pembelajaran smash dalam bola voli sedangkan dalam variabel tindakannya adalah metode drill, adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak yang berjumlah 32 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan siklus, dimana tahap siklus yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).
Hasil penelitian diperoleh penggunaan metode drill dalam proses pembelajaran smash bola voli, hal ini terlihat dari sebelumnya 31,25 % (10 siswa) yang tuntas menjadi 56,25 % (18 siswa) yang tuntas pada siklus I, dan meningkat menjadi 93,75 % (30 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunakan metode drill
dalam pembelajaran smash bola voli dapat meningkatkan proses pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 21 Sep 2022 09:06
Last Modified: 21 Sep 2022 09:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item
View Item