Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

SURVEI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PASCA PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU

MELANIA, MELANIA (2022) SURVEI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PASCA PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (535kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (429kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu; (2) Mendeskripsikan rata-rata motivasi belajar pasca pandemi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu; (3) Mendeskripsikan hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah “media pembelajaran” sedangkan variabel terikatnya adalah “motivasi belajar siswa”. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan bentuk penenelitian yaitu korelasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 226 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah siswa setiap kelasnya yang berjumlah 56 siswa sebagai sampel.Penentuan sampel menggunakan teknik random sampeling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1). Teknik kuesioner, (2). Teknik observasi, (3). Teknik studi dokumenter. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan yaitu: (1). Angket, (2). Pedoman Observasi, (3). Dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment diketahui bahwa dengan variabel x dan y dengan n=56, dan taraf siginifikan 5% = 0,266, Demikian dengan hasi perhitungan ini menunjukan lebih besar daripada > (0,325 > 0,266), sehingga dikatakan terdapat hubungan yang positif antara media pembelajaran guru dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu.

Kata Kunci: Hubungan, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:14
Last Modified: 01 Sep 2022 05:14
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item
View Item