Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG

AFRIZALYA, PRANANDARI SANTOSO (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (603kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi Kemandirian, peran orang tua dan hasil belajar siswa, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa, (4) Pengaruh kemandirian belajar dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan expost facto, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random
Sampling sehingga hanya 84 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter, dengan angket yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kemandirian belajar memiliki kecenderungan tinggi, peran orang tua memiliki kecenderungan tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai
Tebelian Kabupaten Sintang termasuk pada kategori cukup dilihat dari tabel distribusi statistk dan gambar histogram. (2) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,690 > 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,808 > 0,05. (4) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai R square pada tabel model summary yaitu 0,007 dan nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,740 > 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:13
Last Modified: 01 Sep 2022 05:13
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item
View Item