Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KAPUAS HULU

IQBAL, ANNANDA (2022) PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (411kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB)

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini penelitian adalah Bagaimana Hasil Penerapan Strategi Ekspositori Dalam Mengidentifikasi Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Pada Siswa Kelas X MAN 2 Kapuas Hulu? Masalah tersebut masih bersifat umum, untuk lebih jelasnya lagi masalah umum tersebut dibagi dalam sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi sebelum menggunakan strategi ekspositori? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X dalam
mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi setelah menggunakan strategi ekspositori? (3) Apakah strategi ekspositori yang digunakan dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi pada siswa kelas X MAN 2 Kapuas Hulu mendapatkan hasil dengan tujuan yang telah ditentukan? Tujuan umum penelitian untuk mengetahui "pengaruh penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mengidentifikasi
unsure-unsur pembangun teks puisi pada siswa kelas X MAN 2". Secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi pada siswa kelas X Ipa MA Negeri 2 Kapuas Hulu sebelum menggunakan penerapan strategi ekspositori. (2) Mengetahui mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi pada siswa kelas X Ipa MAN 2 Kapuas Hulu setelah menggunakan penerapan strategi ekspositori. (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi ekspositori terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi pada siswa kelas X MAN 2 Kapuas Hulu. Penelitian ini juga terdapat variabel, yaitu penerapan strategi ekspositori sebagai variabel bebas, dan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi sebagai variabel terikat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen, bentuk penelitiannya adalah pre-experimental design, dan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian one group pretest posttest design. Dalam rancangan penelitian ini terdapat sekelompok objek yang dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian
diobservasi hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Kapuas Hulu yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas IPA, IPS 1, IPS 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
Ipa yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan teknik pengukuran, teknik studi dokumenter dan observasi langsung atau wawancara langsung. Alat pengumpul data menggunakan tes mengidentifikasi unsur-unsur puisi dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab sub rumusan masalah pertama dan kedua menggunakan rumus mean (rata-rata), dan untuk menjawab sub masalah ketiga menggunakan statistik parametrik yaitu Uji T. Menggunakan rumus chi
kuadrat untuk menguji normalitas data pretest posttest untuk mengetahui besar pengaruh dari strategi pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan. 1) Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil analisis data melalui pemberian tes awal (pretest) yang peneliti berikan, adapun hasil yang diperoleh melalui pemberian tes awal tersebut dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran ekspositori yaitu dengan rata-rata 63,55. 2) Mengidentikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa setelah menggunakan penerapan strategi ekspositori yaitu dengan rata-rata 78,35. 3) hasil model pembelajaran strategi ekspositori terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi
pada siswa kelas X MAN 2 Kapuas Hulu. Hasil analisis data dengan thitung 0,504, N=20 nilai thitung > tabel yakni 13,064>7,815 atau dengan kata lain terdapat pengaruh yang cukup signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:55
Last Modified: 26 Aug 2022 08:55
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item
View Item