Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

IMPLEMENTASI MODEL MASTERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMK MANDIRI PONTIANAK

MUHAMMAD, RAZKI OGI PERMATA (2022) IMPLEMENTASI MODEL MASTERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMK MANDIRI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRPSI FULL PDF.pdf] Text
SKRPSI FULL PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model mastery learning berbantuan software geogebra dalam materi program linear terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa kelas XI SMK Mandiri Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan bentuk penelitiannya adalah posttest-only control desain dan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Mandiri Pontianak Tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian yaitu 27 siswa kelas XI Multimedia I sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas XI Multimedia II sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis variansi 2×3 (ANAVA). Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model mastery learning berbantuan software goegebra memberikan kemampuan pemecahan masalah matematis sama baiknya dengan model mastery learning tanpa berbantuan software goegebra dalam materi program linear, 2) Siswa dengan self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis lebih baik dari pada dengan siswa yang memiliki self-efficacy sedang maupun rendah dan self-efficacy rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis lebih baik dari pada dengan siswa yang memiliki self-efficacy rendah, 3) Berdasarkan pada masing-masing model pembelajaran, tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari self-efficacy, dan 4) Berdasarkan pada masing-masing kategori self-efficacy, tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberikan model mastery learning berbantuan software goegebra dan dengan model mastery learning tanpa berbantuan software goegebra.

Kata Kunci: Mastery Learning, Software Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:13
Last Modified: 22 Aug 2022 09:13
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item
View Item