Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAN 2 SAMBAS

URAY, RAHMA DWI PUTERI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAN 2 SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (368kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (595kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMAN 2 Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dan termasuk dalam penelitian
Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS dan sampelnya adalah XI IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, dan dokumentasi sedangkan alat pengumpulan data berupa tes berbentuk pilihan ganda. Hasil tersebut menyatakan bahwa rata-rata Post-test kelas kontrol adalah 72.24 dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen adalah 78.18. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.027. Dengan demikian, Ha diterima. Perhitungan ukuran Effect Size mendapatkan 0,62 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dibuktikan bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMAN 2 Sambas.

Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:12
Last Modified: 22 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item
View Item