Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

KAJIAN FASILITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH SMPN 3 PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS

IRA, MIRANTI (2022) KAJIAN FASILITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH SMPN 3 PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (563kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kajian Fasilitas Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah SMPN 3 Perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas “. Fokus dan sub fokus penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana ketersediaan
fasilitas penyelenggaraan pendidikan sekolah SMPN 3 Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas? 2). Bagaimana pemanfaatan fasilitas penyelenggaraan pendidikan sekolah SMPN 3 Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas?. Adapun tujuan penelitian ini berdasar latar belakang diatas maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui ketersediaan fasilitas penyelenggaraan pendidikan sekolah SMPN 3 Sajingan
Besar perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. 2). Untuk mengetahui pemanfaatan fasilitas penyelengaraan pendidikan sekolah SMPN 3 Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malayasia Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif, dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, 1)Ketersediaan fasilitas pendidikan di SMPN 3 Sajingan Besar, pada indikator bangunan sekolah, perlengkapan sekolah, media pengajaran dan sarana penunjang
lainnya secara keseluruhan berada pada kategori masih kurang lengkap untuk standar sarana prasarana tingkat SMP berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 masih banyak fasilitas tidak tersedia di sekolah. Pemanfaatan fasilitas
pendidikan di SMPN 3 Sajingan Besar untuk sarana prasarana bergerak atau tidak bergerak yang digunakan secara langsung atau tidak langsung yang menunjang proses pembelajaran dimanfaatkan oleh siswa dan guru dengan cukup baik meskipun ada sarana prasarana yang belum lengkap. 2) Pemanfaatan fasilitas juga harus didukung dengan adanya fasilitas yang lengkap sehingga dalam proses belajar mengajar tidak ada hambatan. Namun, meskipun fasilitas tidak memadai tetapi pemanfaatan yang dilakukan sudah maksimal maka tidak menutup
kemungkinan dapat menunjang hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Ketersediaan, Pemanfaatan, Fasilitas Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:57
Last Modified: 18 Aug 2022 08:57
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item
View Item